Acara pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara, SEA Games Kamboja 2023 sedang berlangsung sejak 5 Mei 2023 dan dijadwalkan selesai pada 17 Mei 2023 di Phnom Penh, Kamboja.

Dalam perhelatan akbar ini, Kamboja menjadi tuan rumah untuk pertama kalinya sejak SEA Games diselenggarakan tahun 1959.

Gelaran SEA Games di Kamboja ini menjadi momen pesta olahraga yang menarik antusias masyarakat hingga banyak anak muda menjadi sukarelawan untuk menyukseskan acara tersebut.

Bagai tiada gading yang tak retak , dalam setiap perhelatan acara akbar tentu saja kerap menimbulkan kesalahan teknis yang tak diduga. Kesalahan teknis ini kebetulannya menimpa tim Indonesia. 

Lantas apa saja kesalahan tak terduga itu ? Berikut beberapa sudah terlampau viral dan menjadi pembahasan


1. Bendera Indonesia Terbalik

Pada waktu opening SEA Games 2023 Kamboja, Jumat (5/5/2023) di Stadion Nasional Marodoc, Techo, Phnom Penh, Kamboja, saat devile terlihat penari lokal membawa bendera Indonesia terbalik.

Hal itu lantas mencuri perhatian masyarakat Indonesia hingga akhirnya pihak Kamboja melalui Perdana Menteri serta ketua komite penyelenggara meminta maaf atas insiden tersebut pada pihak Indonesia.


2. Podium Dengan Penerangan Lampu Mobil

Dalam sejumlah video yang beredar di media sosial, podium SEA Games 2023 untuk nomor jalan cepat 20 km disajikan dengan sederhana. Tampak atlet Indonesia meraih medali emas dalam nomor ini.

Terlihat suasana langit sudah gelap dan untuk penerangan podium disorot dengan lampu mobil.

Dikabarkan penyebab hal ini adalah memang venue penyelenggaraan yang belum sepenuhnya siap, serta cuaca yang panas membuat panitia memundurkan waktu awal dimulainya lomba. Alhasil lomba berakhir saat langit sudah malam.


3. Kursi Plastik Di Ruang Ganti Timnas Indonesia

Foto kursi plastik yang biasanya ada di acara kondangan mendadak jadi perbincangan warganet.

Hal itu terjadi setelah kursi sederhana itu digunakan di ruang ganti ketika Indonesia U-22 bersiap melawan Timor Leste U-22.


4. Kamar Atlet Yang Bocor 

Hal unik lainnya yang terjadi dalam pagelaran SEA Games 2023 Kamboja, yaitu kamar istirahat atlet bulu tangkis putri Indonesia yang bocor.

Insiden tersebut diketahui lewat unggahan Instagram Story pemain bulu tangkis putri Indonesia, Amallia Cahaya Pertiwi, pada Senin (6/5/2023) malam.


5. Ganda Campuran Yang Tidak Boleh Main

Kontoversi juga hadir dari cabang olahraga bulutangkis kembali membuat rugi Indonesia. Pasalnya, Kamboja melarang Kontingen Merah Putih untuk bermain dalam nomor beregu campuran.

Aturan ini dibuat karena menyebut nomor itu hanya bisa dimainkan oleh tim-tim non unggulan. Sebut saja Kamboja, Laos, Brunei Darussalam, Timor Leste, dan Myanmar.

Namun, Indonesia tak bisa berbuat banyak terkait aturan aneh tersebut. Sebab, aturan itu nyatanya sudah disepakati dan disetujui oleh negara peserta SEA Games 2023.


6. Atlet Silat Indonesia Dipaksa WO

Atlet silat Indonesia Bayu Lesmana dikabarkan dipaksa mundur atau walk out (WO) pada final kelas tanding U-45 putra SEA Games 2023.

Kabar Bayu 'dipaksa' WO pada final SEA Games 2023 viral di media sosial. Video Bayu menangis viral di media sosial Instagram.


Baca Juga : QQ289 Agen Sportbook Online Terpercaya