QQ289 - SITUS ONLINE TERPERCAYA

Bedak bayi Johnson & Johnson terbukti menjadi salah satu penyebab kanker ovarium. Hal ini diketahui setelah adanya penelitian yang menyatakan bahwa bedak tersebut tercampur oleh zat berbahaya.

Ahli Onkologi Prof Zubairi Djoerban memberikan informasi bahwa pemakaian bedak bayi Johnson & Johnson itu bisa picu kanker ovarium. Hal itu karena bedak terkontaminasi asbes.

"Pemakaian bedak tabur di sekitar organ genital atau di sekitar Miss V bisa meningkatkan risiko kanker ovarium," jelas Prof Zubairi Djoerban dalam keterangan resminya di Twitter.

Pakar Kanker dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) itu menambahkan informasi bahwa menurut American Cancer Society, bedak talk bisa sebabkan kanker jika partikel bedak melewati Miss V, rahim, dan saluran tuba ke ovarium.

Meski begitu, terdapat keberagaman temuan penelitian soal kemungkinan hubungan antara bedak dan kanker ovarium. Ya, beberapa penelitian melaporkan sedikit peningkatan risiko, bahkan beberapa penelitian pelaporan tidak ada peningkatan. "Banyak case-control studies yang menemukan sedikit peningkatan risiko," katanya.

"Lalu, studi kohort prospektif umumnya tidak menemukan peningkatan yang signifikan dalam risiko kanker ovarium secara keseluruhan," tambah Prof Beri, sapaan akrabnya.

Sementara itu, beberapa penelitian juga 'suggested' kemungkinan meningkatnya risiko kanker ovarium, tapi pada kelompok tertentu. Misal, perempuan yang masih memiliki saluran reproduksi utuh atau jenis kanker ovarium tertentu.