QQ289 - SITUS ONLINE TERPERCAYA 

Kondisi tubuh yang sehat, sering dinilai hanya dengan berat badan atau indeks massa tubuh. Sebenarnya, indikator kesehatan bukan hanya sekedar berat badan yang ideal. Banyak sekali faktor yang mempengaruhinya

“ Indikator sehat, pertama, prinsip sehat itu harus sehat secara jasmani dan rohani. Kemudian dilakukan pemeriksaan khusus dan mendeteksi indikator lainnya,” kata dr. Milka Inkiriwang, Kabid Humas Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI).

Bisa jadi, meski berat badan dalam kondisi ideal, tetap setelah diperiksa kondisi tubuh justru tidak sehat. Gaya hidup sehari-hari sangat mempengaruhi kesehatan tubuh. Berikut adalah faktor yang menentukan apakah tubuh dalam kondisi sehat atau tidak.


1. Jumlah Cairan Yang Dikonsumsi

Tiap orang membutuhkan cairan agar tetap hidrasi. Seperti yang diketahui, kebutuhan air tiap orang berbeda-beda. Disarankan untuk konsumsi 8 gelas per hari, tetapi jumlah ini harus disesusaikan dengan aktivitas.
Konsumsi air terbaik adalah saat bangun tidur dan setiap 1 jam .


2. Tekanan Darah 

Angka dalam tekanan darah harus selalu diperhatikan, karena jika bermasalah berarti tanda ada gangguan kesehatan. Tekanan darah yang tinggi ataupun rendah harus segera diatasi dan dilakukan perawatan. Normal nya tekanan darah orang dewasa adalah berada di angka 120/80 mmHg.

Jika lebih dari itu bisa jadi anda terkena tekanan darah tinggi atau hipertensi.
Jika kurang dari angka normal berarti anda terkena tekanan darah rendah atau hipotensi.


3. Makanan Yang Dikonsumsi

Makanan yang dikonsumsi setiap hari, tentunya sangat berdampak pada kondisi tubuh. Sangat disarankan untuk mengonsumsi sayur dan buah dalam porsi yang dianjurkan yaitu 400 gram sehari.

Selain itu jumlah kalori yang masuk pun harus seimbang dan ideal dengan aktifitas fisik. Jangan terlalu banyak makan makanan yang tinggi kalori jika aktifitas fisik anda rendah. Lama kelamaan hal ini akan menyebabkan obesitas.

Perharikan juga gizi yang masuk. Harus seimbang dan memperhatikan piramida gizi. Dimana sumber karbohidrat merupakan makanan yang paling banyak dikonsumsi. Selanjutnya asupan serat dan vitamin dari buah dan sayur merupakan kandungan kedua terpenting untuk tubuh. Setelah itu asupan wajib harian adalah protein baik hewani atau nabati yang harus ada dalam menu seimbang.

Terakhir kandungan lemak , minyak dan gula yang dikonsumsi paling sedikit setiap harinya. Jika gula , minyak dan lemak terlalu banyak di konsumsi dapat menyebabkan kegemukan.


4. Aktifitas Fisik 

Memiliki tubuh yang aktif dan bugar pastinya menjadi impian.
Maka dari itu mulainya bergerak aktif dalam aktifitas harian.

Sebagai contoh perbanyak jalan kaki serta melakukan senam ringan tidak ada salahnya. Beragam aktifitas ini bermanfaat untuk membakar kalori, memperkuat tulang serta menjaga kesehatan mental dengan cara menjaga mood kita agar tidak jenuh.


5. Durasi Istirahat 

Setiap orang memiliki durasi tidur yang berbeda-beda, tetapi durasi tidur yang disarankan sebaiknya delapan sampai sembilan jam sehari.

Selain itu, tidur dengan durasi yang cukup juga bisa mencegah terjadinya bermacam-macam penyakit lain seperti hipertensi, diabetes dan penyakit jantung.