QQ289 - SITUS ONLINE TERPERCAYA 

Apakah Anda terasa mulas setelah minum kopi? Atau justru, Anda malah ingin BAB setelah minum kopi? Ternyata ada alasan ilmiah untuk hal tersebut loh. Yuk ikuti ulasannya

Minum kopi kini telah menjadi bagian dari gaya hidup. Sayangnya, tidak setiap orang bisa sepenuhnya menikmati si hitam dengan rasa pahit yang khas ini. Pasalnya, beberapa orang malah merasa ingin BAB setelah minum kopi. Apakah Anda salah satunya? 

Jika ya, tenang, Anda tidak sendiri. Rasa ingin BAB setelah minum kopi dirasakan oleh banyak orang, khususnya pada mereka dengan kondisi saluran pencernaan yang sensitif. 

Kopi memiliki senyawa yang dapat merangsang fungsi saluran pencernaan. Pada orang-orang yang sensitif, senyawa tersebut bisa sampai mencetuskan perasaan sakit perut seketika.

Salah satu alasan mengapa Anda merasa mulas setelah minum kopi adalah karena kandungan kafein di dalamnya. 

Jumlah kafein di dalam kopi merangsang keaktifan otot perut serta usus besar sehingga memicu rasa mulas dan ingin BAB setelah mengonsumsinya. 

Bahkan, bila Anda mengonsumsi kafein dalam suhu yang tinggi (kopi panas), efek yang ditimbulkan pada perut bisa lebih parah. 

Selain itu, kopi juga mengandung asam klorogenat yang dapat meningkatkan produksi asam lambung. Kombinasi kedua jenis asam tersebut akan menurunkan pH lambung, sekaligus mempercepat pergerakan makanan dari lambung ke usus. 

Sebagai akibatnya, lambung akan mendorong dengan paksa semua isinya. Alhasil, Anda pun akan merasa mulas dan ingin BAB setelah mengonsumsi kopi. 

Hal tersebut dapat terjadi karena kafein dapat merangsang sistem saraf pusat, yaitu otak dan sumsum tulang belakang. Saraf vagus yang mengontrol jantung dan saluran pencernaan menghubungkan sistem saraf pusat ke saluran pencernaan. 

Di samping itu, kafein juga mengandung agen yang dapat menstimulasi usus (teofilin dan xanthine). 

Keduanya berperan untuk menimbulkan kontraksi yang disebut peristaltik. Partikel ini akan bergerak sepanjang usus dan membuat feses bergerak mendekati rektum.

Berangkat dari adanya alasan tersebut, Anda ditekankan untuk tidak minum kopi saat kondisi perut kosong. Hal ini berlaku untuk semua orang, baik untuk pemilik saluran cerna yang sensitif maupun yang bukan.