QQ289 -  SITUS ONLINE TERPERCAYA 

Untuk meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan, kamu tidak bisa hanya berfokus pada kesehatan fisik. Kesehatan mental juga memainkan peran yang besar dalam kehidupan. Kesehatan mental sebagai kemampuan diri sendiri untuk mengelola perasaan dan menghadapi kesulitan sehari-hari.

Beberapa langkah sederhana bisa diterapkan untuk meningkatkan kualitas kesehatan mental. Dengan melakukan perubahan ini, maka dapat dipastikan hal ini memengaruhi semua aspek kehidupan. Dengan menjaga kesehatan mental, maka kamu merasakan beberapa efeknya seperti suasana hati yang membaik, membangun ketahanan, dan membantu menikmati hidup secara keseluruhan.


1. Bersyukur

Rasa bersyukur dikaitkan dengan peningkatan kesejahteraan, kualitas kesehatan mental, serta kebahagiaan. Cara sederhana untuk meningkatkan rasa bersyukur adalah dengan rasa terima kasih. 

Bersyukur akan membantu seseorang untuk melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda, terutama jika Anda melakukanya saat Anda merasa stres.


2. Katakan Hal Positif pada Diri Sendiri 

Cara kamu berpikir tentang diri sendiri dapat memiliki efek yang kuat pada kejiwaan kamu. Ketika kita memandang diri kita dan hidup kita secara negatif, maka kita juga merasakan efek negatifnya. Sebaliknya, jika membiasakan diri menggunakan kata-kata yang membuat lebih positif, maka hal ini membuat kamu lebih optimis. 


3. Fokus Pada Satu Hal Pada Satu Waktu

Ketika mengerjakan sesuatu fokuslah pada tujuannya. Jangan terlalu membebani diri dan memaksakan kemampuan. Jangan telalu banyak memikirkan sesuatu diluar dari apa tujuan awal. Dan buang jauh fikiran overthinking agar tidak kecewa dengan hasil. Satu yang perlu diingat usaha tidak akan mengkhianati hasil.


4. Olahraga 

Tubuh akan melepaskan endorfin yang membantu menyingkirkan stres dan meningkatkan suasana hati kamu sebelum dan sesudah berolahraga. Itulah sebabnya olahraga adalah cara penangkal stres, kecemasan, dan depresi yang ampuh. 


5. Berbagi Dan Jujurlah Pada Orang Lain

Penelitian menunjukkan bahwa berbagi dengan orang lain maupun berbuat kebaikan yang lain akan membantu meningkatkan kesejahteraan mental. Hal ini karenaa berbagi bisa menciptakan perasaan positif dan rasa penghargaan.
Selain itu, berbagi dapat membuat perasaan Anda merasa memiliki tujuan maupun harga diri.

Mengetahui bahwa kamu dihargai oleh orang lain adalah penting untuk membantu kamu berpikir lebih positif. Belajar terbuka kepada orang lain, yang membuat kamu lebih mampu berpikir positif dan semakin mengenal diri sendiri. 


6. Tidur Tepat Waktu 

Sejumlah besar penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur memiliki efek negatif yang signifikan pada suasana hati. Coba tidur pada waktu yang teratur setiap hari. Hindari bermain gadget sebelum waktu tidur dan membatasi minuman berkafein untuk pagi hari.


7. Makan Makanan Sehat 

Selain memberikan nutrisi yang dibutuhkan, makan lezat dan sehat juga menyehatkan otak. Karbohidrat (dalam jumlah sedang) meningkatkan serotonin, bahan kimia yang terbukti memiliki efek menenangkan pada suasana hati. Sementara itu makanan kaya protein membantu kamu tetap waspada.

Sayuran dan buah-buahan dipenuhi dengan nutrisi yang memberi makan setiap sel tubuh, termasuk yang mempengaruhi bahan kimia otak yang mengatur suasana hati. Sertakan makanan dengan asam lemak tak jenuh ganda Omega-3 (ditemukan dalam ikan, kacang-kacangan, dan biji rami). Nutrisi ini dapat meningkatkan suasana hati dan mengembalikan integritas struktural pada sel-sel otak yang diperlukan untuk fungsi kognitif.