QQ289 SITUS ONLINE TERPERCAYA

Belakangan ini isu mengenai makanan ringan bernama 'cikbul' kembali menjadi sorotan. cikbul atau ciki ngebul adalah makanan ringan anak-anak bisa berupa sereal atau makanan ekstudat lain yang diberi nitrogen cair agar memberi sensasi dingin dan berasap saat dimakan. Dibalik penyajiannya yang unik dan rasa yang nikmat ini terdapat bahaya yang mengintai juga akibat penggunaan nitrogen cair.

Tercatat selama 2022 ada 3 kasus yang terjadi akibat dari keracunan cikbul ini.

1. Pada bulan Juli 2022 terjadi 1 kasus pada anak yang mengonsumsi cikbul di desa Ngasinan, Kecamatan Jetis, Kabupaten Ponorogo yang menyebabkan terjadinya luka bakar.

2. Pada tanggal 19 November 2022, UPTD Puskesmas Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya melaporkan telah terjadi KLB keracunan pangan dengan jumlah kasus 23 orang, 1 kasus di antaranya, dirujuk ke Rumah Sakit. 

3. Pada tanggal 21 Desember 2022, UGD Rumah Sakit Haji Jakarta melaporkan menerima pasien anak laki-laki berumur 4 tahun datang dengan keluhan nyeri perut hebat setelah mengkonsumsi jajanan jenis chiki ngebul.


Pengunaan nitrogen cair untuk barang konsumsi sebetulnya bisa digunakan selama dengan prosedur yang benar dan dalam batas wajar.  Jika terlalu berlebih nitrogen cair ini bisa menyebabkan masalah pada kesehatan. Berikut akan kami bahas mengenai bahaya dari nitrogen cair dalam cikbul jika penggunaannya tidak tepat guna.


1. Memicu tumbuhnya sel kanker

Adanya nitrogen berlebih di dalam tubuh bisa berubah jadi zat karsinogenik atau pemicu kanker. Hal tersebut terjadi karena tubuh kita hanya bisa menetralisir jumlah tertentu dari nitrogen yang masuk. 

Nitrogen juga sedikit berisiko untuk orang yang pernah terkena tumor sebelumnya, walaupun jinak sekalipun. Paparan nitrogen aktif akan membuatnya tumbuh menjadi kanker


2. Mengganggu fungsi tiroid

Sebagai salah satu kelenjar terpenting untuk menyeimbangkan tubuh kita, kelenjar tiroid bisa terganggu karena adanya nitrogen. Ketika fungsinya menurun atau bahkan tidak berfungsi, imun tubuh juga akan turun. Imbasnya, kita akan lebih mudah sakit.


3. Menyumbat aliran darah

Mengonsumsi makanan yang diolah dengan nitrogen bisa menyebabkan aliran darah terganggu. Hal itu terjadi karena tingkat nitrogen dalam darah meningkat. Jika hal ini terjadi untuk waktu yang lama, maka jantungmu bisa dalam bahaya.


4. Menurunkan pasokan oksigen

Dengan aliran darah yang tersumbat, oksigen yang tersebar ke otak dan jantung secara otomatis juga akan terpengaruh. Otak kurang mendapatkan pasokan oksigen sehingga dapat menyebabkan kehilangan kesadaran.


5. Sesak napas

Dengan kemampuannya yang mampu mengikat oksigen di alam terbuka, nitrogen cair bisa bikin sesak napas.


6. Mengurangi asupan vitamin A

Selain oksigen, nitrogen mampu mengikat vitamin A. Jadi kalau kamu mengonsumsi makanan nitrogen dan makanan yang mengandung vitamin A penyerapan vitamin A tidak akan optimal.


7. Menyebabkan luka bakar

Yang paling terasa dampaknya adalah nitrogen bisa membakar kulit. Beberapa nitrogen memiliki konsistensi yang tinggi sehingga bisa membakar, apalagi kalau kulit kamu sensitif.